Sunday, July 2, 2017

Hasil Pencarian Foundation Baru (+Tips & Trik Mencari Tahu Tentang Beauty Products)

image credit here
Memakai produk sampai habis meninggalkan perasaan menyenangkan di hati. Selain lega karena merasa tidak mubadzir, ada perasaan bersemangat karena akan belanja produk baru lagi karena harus mencari pengganti dari produk yang habis.

Saya senang sekali karena foundation hadiah dari @ankdarini sudah habis digunakan. L'Oreal Infallible 24h Stay Fresh Foundation 150 meninggalkan kesan yang baik untuk saya. Awalnya saya ingin repurchase produk ini dengan shade yang lebih gelap karena saya merasa sedikit keputihan di shade radiant beige tersebut. Belum lagi hingga saat ini saya belum bisa rutin apply suncreen klairs karena produk tersebut bikin wajah saya semakin keputihan.

Tapi di dalam diri saya masih ada perasaan tidak puas dan penasaran. Saya masih ingin explore foundation drugstore lainnya karena saya percaya masih ada produk yang lebih bagus dan lebih cocok di luar sana. Terutama dari tingkat coverage yang bisa menyamarkan jerawat dan bekas-bekasnya. Well, sebenernya sifat seperti ini memang gak baik sih, but I can't help it. I want to explore!

Akhirnya pencarian foundation baru pun dimulai.


What to Buy?
Saya biasanya membeli produk karena popularitasnya. Simple aja, semakin populer produk tersebut, berarti banyak respon positif dari penggunanya ATAU berarti produk tersebut sukses banget karena banyak buzzernya. 

Berikut 4 foundation drugstore populer yang "katanya" bagus untuk kulit berminyak & berjerawat hasil browsang-browsing sana-sini:

1. e.l.f Acne Fighting Foundation
2. Milani Conceal & Perfect 2 in 1 Foundation
3. Revlon Colorstay Foundation
4. Maybelline Fit Me Matte + Poreless Foundation
5. L.A. Girl PRO Coverage HD

Kecocokan dari produk tersebut di kulit kita, dari kantong kita, atau dari kebenaran informasi kalau produk itu bagus tentu saja masih tanda tanya. Sehingga masih diperlukan tahap selanjutnya untuk menggali informasi.


Information Digging
 Berikut langkah-langkah pencarian informasi terkait calon produk yang mau saya beli:

1. Cek Review Female Daily. Salah satu alasan kenapa saya suka baca review female daily adalah karena banyak orang yang berpartisipasi di sana. Jadi banyak informasi dalam satu media saja. Semakin banyak pendapat yang ada, semakin akurat juga informasinya

2. Blog & Video Hopping! Ini adalah yang paling banyak time consuming. Tidak semua produk di female daily banyak yang komentar dan di luar sana banyak sekali beauty blogger dan beauty vlogger yang menyampaikan pendapatnya terkait beauty products di media lain. Dan tentu saja kegiatan ini tidak bisa terlaksana tanpa search engine-- Google. Saya suka sekali pindah-pindah dari satu blog ke blog lainnya atau dari satu channel youtube ke channel youtube lainnya. Dan saya paling suka dengan para contributor yang tidak populer/terkenal karena kebanyakan dari mereka tidak diendorse sehingga opini mereka jujur

3. Cek website CosDNA. Website ini saya jadikan acuan utama karena saya buta membaca komposisi kosmetik. Seenggaknya saya bisa tahu apakah produk yang akan saya gunakan memiliki potensi sebagai trigger munculnya jerawat dan iritasi. Selain itu website ini juga saya gunakan untuk mengetahui apakah di dalam kandungannya ada bahan-bahan yang bisa membahayakan kulit saya dengan rating 1-9. (1-3 hijau aman, 4-6 kuning hati-hati, 7-9 merah berbahaya).

Searching results
1. e.l.f Acne Fighting Foundation

image credit here
Dari sisi review, dia bagus-bagus. Apalagi memang produk ini dibuat khusus untuk orang yang berjerawat. Coveragenya bagus, tidak membuat wajah break out, dan ketahanannya juga oke dipakai seharian 

Hasil CosDNA nya bisa dilihat di sini. Dari segi trigger acne dia aman karena hanya ada 2 kandungan yang memicu jerawat tetapi ratingnya paling kecil, 1. Dari sisi iritasi tidak ada. Tapi ada 3 kandungan yang masuk kategori 'merah' dengan rating 7 di situ, yaitu buthyl, propyl, dan isobuthyl paraben. Kalau kita baca di atasnya, masih ada keluarga paraben juga di atasnya walau masih dikasih rating kuning.


Saya sendiri gak anti sama paraben, tetapi kalau keluarganya sekampung dibawa gini dalam satu produk, kok rada mikir-mikir juga yah. 


2. Milani Conceal & Perfect 2 in 1 Foundation

image credit here
Pencarian informasi terkait foundation ini agak bikin pusing karena ada yang bilang bagus dan ada yang bilang enggak. Kekurangan produk ini yang saya sering denger adalah produknya bikin wajah berminyak, terasa berat dipakai dan punya potensi oxydizing di mana warna foundationnya akan berubah menjadi lebih gelap semakin lama dipakai.

Hasil CosDNAnya bisa dilihat di sini. Kalau ditinjau dari komposisinya, saya bilang aman karena rating kuningnya sedikit dan tidak ada rating merah sama sekali. 


3. L.A. Girl PRO Coverage HD
image credit here
Brand yang baru-baru ini official storenya masuk ke Indonesia memikat hati saya banget. Banyak banget yang menganggap kalau foundation ini Holy Grail. Selain harganya paling murah dibanding keempat foundation lainnya, performanya pun bikin saya pengen banget cobain.

Hasil CosDNAnya tetapi berkata sebaliknya. Ada 2 kandungan di foundation ini yang diberi rating merah. Rating 9 untuk Retinyl Palmitate dan Rating 7 untuk Butylphenyl Methylpropional. Retinyl palmitate adalah suatu kandungan vitamin A yang bisa memicu tumor/kanker.Sedangkan Butylphenyl  Methylpropional ternyata merupakan fragrance atau pewangi yang kadang-kadang bisa memicu alergi.


4. Maybelline Fit Me Matte + Poreless Foundation

image credit here

Salah satu pemicu saya ingin sekali coba foundation ini karena dia adalah pemenang the best foundation 2016 di female daily award. Belum lagi reviewnya pun mostly positif walau pada protes karena packagingnya gak banget karena gak ada pumpnya. 

Hasil CosDNAnya hanya ada 1 kandungan yang merah, which is again, paraben (buthylparaben) yang diberi rating 7.


5. Revlon Colorstay Foundation

image credit here
Sama seperti milani (tapi masih lebih pusing milani sih), pendapat dari foundation ini berbeda-beda juga. Tapi mostly pada bilang kalau foundation ini ringan dipakai dan aman untuk kulit berjerawat.

Dari hasil pencarian di CosDNA, entry komposisi di produk tahun 2014 dan 2015 ada kandungan berbahaya dengan rating 9, yaitu Retinyl Acetate dan Retinyl Palmitate. Seperti yang udah disebutkan di L.A Girl di atas, keduanya merupakan kandungan vitamin A yang bisa memicu tumor/kanker. Tapi di entry komposisi tahun 2016 kandungan tersebut sudah tidak ada.


The Verdict
Dari hasil pencarian tersebut, sebenernya kalau ditinjau dari komposisi paling aman tentu saja si Milani. Tapi karena pendapat terkait performanya terlalu beragam dan saya gak siap untuk pakai foundation yang berat untuk sehari-hari saya masih harus mempertimbangkannya. Karena tentu saja untuk apa kosmetik aman tapi kualitasnya tidak cocok di kulit juga kan?

Saya juga mempertimbangkan Maybelline karena mostly reviewnya bagus, apalagi dia adalah pemenang dari female daily beauty awards 2016. Walaupun di komposisinya ada 1 kandungan yang diberi rating merah, tapi saya rasa masih bisa saya tolerin karena angkanya 7, bukan 8 atau 9. (Hahaha, ngeles banget ya). 

Jadi, mana yang saya pilih? 

....

Nantikan di post-post berikutnya! Stay tune on renisa.blogspot.com :P

Tapi semoga di post ini kamu jadi ada gambaran gimana cara cari tau tentang memilih dan mencari tahu tentang beauty products ;)

3 comments:

uthie said...

Wakakakak. Aku mau saranin Catrice yg versi 18+ hours. Aku pakai sekali masih oke-oke aja, tapi trus aku kasih adekku karna aku punya cushion.

Atau coba cushion juga, nis. Beli refill aja kalau ragu-ragu. Untuk kulit berminyak coba pakai yg oil control. Itu coverage-nya oke banget.

Unknown said...

oke sis, nanti aku coba catrice kalau yg dibeli ini udah habis ya :D aku penasaran juga tiap lewat guardian kayak manggil2 "ayo cepat beli akuu~"

cushion pernah coba sekali merk the face shop shade dark beige, yup yang oil control juga. dulu beli mihil banget sis 300k+ karena masih harus beli sama compactnya. ga tau kalau refillnya berapa sih? btw uthie pake cushion merk apa? :D

uthie said...

Wakakak. Mau bilang mereknya The Face Shop tapi kelupaan. Awalnya aku pake VOV karna dia punya shade yg masuk ke warna kulitku. Tapi karna shade yg itu ga ada refill-nya, aku ganti The Face Shop yg oil control itu (pas juga ada shade yg cocok. Selama ini males nyoba cushion karna yaqin bakal keterangan). Case-nya juga cocok jadi cuma beli refill The Face Shop dipasangin ke case VOV.

Post a Comment