Sunday, June 18, 2017

My First Cleansing Balm, The Body Shop Camomile Cleansing Butter


Di sore atau malam hari, setelah muka kita sudah berat bercampur dengan make up, debu, polusi, dan logam-logam berat (haha) lainnya, semua orang, terlepas jenis kulitnya apa, dianjurkan untuk melakukan double cleansing. Secara teori, double cleansing itu (tentu saja) melibatkan dua produk yang digunakan untuk 'mencuci muka' kita. Kebanyakan orang menggunakan hanya satu jenis produk, dan produk tersebut adalah sabun cuci muka atau biasa disebut second cleanser. Sedangkan mayoritas orang masih banyak yang belum tahu tentang first cleanser.


First cleanser biasanya berbentuk oil yang fungsinya untuk mengangkat make up dan skin care yang telah digunakan seharian. Setelah first cleanser diaplikasikan pada wajah, baru kita melanjutkan dengan second cleanser di mana fungsinya mengangkat sisa-sisa kotoran yang tidak terangkat dari first cleanser.

Oh ya, sebelumnya saya juga pernah coba Micellar Water. Awalnya saya pikir micellar water yang lagi hits itu adalah first cleanser, tetapi menurut berbagai sumber yang saya dapat dari youtube, micellar water tidak termasuk first cleanser karena sebenarnya daya angkat kotorannya sangat cupu. Affi Assegaf dari Female Daily Network pernah menyebutkan bahwa micellar water adalah "pre-cleanser" yang lebih cocok digunakan untuk mengangkat make up waterproof. Dari berita tersebut saya jadi menyimpulkan kalau pakai micellar water, artinya kita masih harus pakai 2 produk cleanser lagi sehingga rangkaian cleansing ada 3 tahap. Banyak. Dan tentu saja tidak financial friendly. Sebenernya untuk menghapus make up waterproof saya tidak sreg dengan micellar water karena daya angkatnya kurang, Saya malah lebih suka pakai make up remover konvensional itu karena menurut saya lebih powerful dalam membersihkan make up waterproof. Sayangnya make up remover kebanyakan hanya diperuntukkan untuk menghapus make up mata dan bibir, tidak seluruh wajah. Makanya saya melirik sekali First Cleanser.


Sebelum menggunakan The Body Shop Camomile Cleansing Butter, saya selalu menggunakan yang bentuknya minyak. Makanya ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan first cleanser yang bentuknya balm. Harga produk ini sebenarnya cukup bikin bangkrut, Rp 199.000. Produk ini menurut saya lumayan boros, saya membutuhkan balm dalam jumlah besar untuk membersihkan seluruh bagian wajah. Bentuk produk ini berupa kaleng berbentuk tabung pipih. Hal yang disayangkan oleh saya dan semua orang yang menggunakannya adalah tidak tersedianya spatula. Sehingga pemakaian dari produk ini terkesan ribet dan kurang higienis. Saya bahkan harus cari spatula dulu demi menggunakan produk ini.


Awal-awal menggunakan produk ini saya merasa biasa saja dan tidak merasa bersih. Saya malah curiga kalau produk ini bikin clogged pore karena kadang muncul jerawat-jerawat kecil baru. Ditambah lagi saat itu saya memang suka melakukan pembersihan muka di kamar mandi sehingga tangan saya biasanya basah duluan. Saya merasa kecewa dan merasa telah membuang uang saya karena produk ini gak worth it,

Setelah banyak baca-baca, saya merubah cara menggunakan produk ini.Tadinya saya suka menggunakannya cepat-cepat walaupun produknya belum berubah jadi minyak seutuhnya, sekarang saya memastikan kalau balmnya bener-bener sudah berubah jadi minyak. Kemudian sekarang saya menggunakan produk ini dalam keadaan tangan kering. Dan surprisingly (haha), pengalaman yang saya rasakan berbeda. Wajah saya berasa lebih bersih dan tidak pernah ada lagi jerawat baru.Saya baru bisa merasakan apa yang orang-orang di internet review kalau produk ini memang bagus.

Kalau ditanya apakah ke depannya saya akan membeli produk ini, jawaban saya mungkin ya mungkin tidak. Saya masih merasa first cleanser yang berbentuk langsung minyak lebih praktis. Apalagi produk-produk tersebut biasanya memiliki packaging yang lebih oke dengan botol pump. Sebenernya The Body Shop juga memiliki Cleansing Oil di seri Camomilenya ini. Tetapi setelah membaca reviewnya gak lebih bagus daripada cleansing butternya, saya belum tertarik untuk mencoba beli. Jadi mungkin saya masih akan mencari first cleanser lain yang lebih praktis dan lebih oke ;).

0 comments:

Post a Comment